Mengenal Manfaat Kesehatan Dari Tanaman Hias Srigading

SRIGADING

Mengenal Manfaat Kesehatan Dari Tanaman Hias Srigading-, Srigading yang mempunyai nama latin Nyctanthes Arbor-tristis  merupakan tanaman hiasa karena aroma dari bunga srigading ini sangat harum disaat mekar pada malam hari.

Selain itu tanaman srigading juga termasuk pada tanaman herbal tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit dan bermanfaat bagi kesehatan.

Tanaman srigading ini mempunyai deskripsi antara lain:

  • Pohonnya kecil dengan batang yang lunak juga berkulit kasar.
  • Daunnya tinggal berseling, berbentuk lonjong bulat seperti telur.
  • Mempunyai mahkota dewa sebanyak 5 sampai 8, memiliki warna putih pada bagian kelopaknya, dan warna jingga pada bagian tengahnya.
  • Buahnya pipih berbentuk seperti hati yang mempunyai 2 ruang dengan masing-masing ruang berisi 1 biji.

Tanaman srigading ini selain sering ditanam di pekarangan, tanaman ini juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk pengharum lingkungan seperti yang ditanam di pemakaman atau di taman makan-makan yang menjadi pendamping kembang kamboja.

Kandungan Manfaat Srigading Bagi Kesehatan Tubuh

Seluruh bagian dari tanaman srigading yang didalamnya mengandung zat-zat kimia alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Banyak hasil penelitian yang telah berhasil membuktikan bahwa di dalam tanaman srigading banyak mengandung zat senyawa antioksidan yang dapat membantu menetralisir radikal bebas.

Berikut ada beberapa kandungan yang terdapat dalam tanaman srigading, yaitu:

  1. Bagian bunga, bersifat sebagai anti biotik, anti oksidan, danti mikoba, dan anti inflamasi, karena didalamnya terkandung beberapa senyawa diantaranya: essensial oil, nyctanthin, glucose, tannins, glycosides, D mannitol, dan senyawa lainnya.
  2. Bagian daun, bersifat anti bakteri, anti inflamasi, anti fungi, dan anti oksidan, karena didalamnya terkandung beberapa senyawa. Diantaranya: flavanol glycosides, astragalin, an amorphous glycoside, oleanlic acid, D mannitol, tannic acid, ascorbic acid, methyl salicylate, an amorphous resin, carotene, trace of volatile oil, friedeline, lupeol, amnnitol, glucose, fructose, benzoid acid, iridoid glycosides, dan senyawa lainnya.
  3. Bagian biji, bersifat sebagai anti bakteri, anti fungsi, dan menguatkan sistem imun tubuh, karena didalamnya terkandung beberapa senyawa diantaranya: glycerided of linoleic, oleic, stearic, lignoceric, arbortristosides A & B, nyctanthic acid, dan D mannose, dan senyawa lainnya.

Baca Juga : Kandungan dan Manfaat Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

Tanaman ini memiliki banyak  manfaat bagi kesehatan, diantaranya sebagai berikut:

  • Dapat membantu meningkatkan sistem imunitas atau daya tahan pada tubuh.
  • Dapat membantu mencegah dan mengeluarkan cacing berbahya dalam tubuh.
  • Dapat membantu tubuh dari serangan virus berbahaya.
  • Dapat membantu mencegah penyakit kulit karena mempunyai kandungan sifat anti jamur.
  • Dapat membantu melindungi organ hati.
  • Dapat membantu melancarkan haid yang tidak teratur.
  • Dapat membantu perawatan ibu yang selesai melahirkan.
  • Dapat membantu mengatasi masalah penyakit bronkitis.
  • Dapat membantu menyembuhkan radang pada pernafasan.

Berikut ada beberapa contoh cara penggunaan tanaman srigading untuk penyembuhan berbagai penyakit:

  1. Untuk mengatasi peradangan atau pembengkakan pada organ-organ tubuh

Karena bersifat sebagai anti inflamasi.

Cara penggunaannya: cuci bunga srigading secukupnya, kemudian rebus dengan air gelas, tunggu hingga mendidih dan tersisa 1 gelas, setelah itu saring dan minum air ramuan secara rutin.

  1. Untuk menurunkan demam atau panas

Karena bersifat sebagai antipiretik.

Cara penggunaannya: cuci terlebih dahulu bunga srigading sebanyak 10 gram, kemudian rebus dengan air 2 gelas, tunggu hingga mendidih dan tersisa menjadi 1 gelas. Setalah air rebusan dingin kemudian saring, dan minum air ramuan sebanyak 2 kali dalam sehari masing-masing ½ gelas saja.

Selain itu juga bisa dengan cara: daun srigading dicuci terlebih dahulu, kemudian dimakan bersama seiris jahe yang masih segar.

  1. Untuk mengobati penyakit cacingan yang umumnya dapat terjadi pada anak-anak

Karena dapat mengeluarkan cacing berbahaya yang ada dalam tubuh.

Cara penggunaannya: cuci beberapa buah bunga srigading kemudian rebus, setekah itu peras dan minum air ramuan sebanyak 1 sdt dengan tambahan sedikit madu dan sedikit garam, minum ramuan tersebut 1 kali pada malam hari disaat sebelum tidur.

  1. Untuk mengatasi berbagai jenis penyakit kulit yang biasa disebabkan oleh jamur

Karen bersifat sebagai anti jamur.

Cara penggunaannya: seduh beberapa kuntum bunga srigading, kemudian diminum seperti meminum teh, lakukan dengan rutin setiap hari.

  1. Untuk melancarkan saluran kemih

Karena bersifat sebagai diuretik.

Cara penggunaannya: cuci bunga srigading sebanyak 10 gram, kemudian rebus dengan air 2 gelas, tunggu hingga mendidih dan air rebusan tersisa 1 gelas, setelah itu minum air ramuan sebanyak 2 kali dalam sehari masing-masing ½ gelas saja.

Itulah beberapa informasi mengenai tanaman srigading, juga manfaat nya bagi kesehatan. Selamat mencoba, sekian dan semoga bermanfaat.

Sumber : www.madco-sa.org