Khasiat Tanaman Daun Senna Bagi Kesehatan

Daun Senna

Khasiat Tanaman Daun Senna Bagi Kesehatan-, Tanaman Jati China atau yang sering di sebut dengan “daun senna” merupakan genus dari tanaman berbunga fabaceae yang memiliki nama ilmiah Senna Alexandrina.

Pada umumnya tanaman yang termasuk ke dalam salah satu genus fabaceae ini adalah tanaman yang berasal dari daerah tropis kebanyakan. Namun adapula dalam jumlah sedikit tanaman dari jenis ini, berasal dari daerah yang memiliki iklim sedang.

Daun senna sendiri merupakan pohon berkayu yang memiliki tinggi sekitar 10-20 m. Selalu berwarna hijau, dan memiliki percabangan yang berbentuk tajuk bulat yang padat dan juga rapat.

Pohon besar ini sering sekali di tanam di pinggir-pinggir jalan untuk yang dimanfaatkan sebagai media untuk berteduh.  Ada pula kayunya yang keras kerap digunakan untuk kayu bakar di dapur.

Sebuah identifikasi makroskopik dan mikroskopik terdapat antara lain dalam Trease & Evens Pharmacognosy (2002). Dilakukan untuk melihat tingkat kualitas dari tanaman ini.

Hasilnya menjelaskan bahwa pohon yang memiliki daun berwarna hijau kebiruan adalah jenis daun senna yang terbaik. Sedangkan apabila daun senna berwarna kuning, maka hal tersebut menunjukan bahwa daun senna itu tidak terlalu baik.

Pada daun tanaman ini terdapat kandungan yang aktif yang paling utama ialah glikosida dimer aglikonyang yang terdiri dari senyawa latau rein dan juga aloe emodin.

Baca Juga : Khasiat Daun Jintan Memelihara Kesehatan Tubuh

Kadar yang paling tinggi dari senyawa tersebut ialah senosida A dan juga senosida B merupakan sepasang isomer yang aglikonnya adalah rein-diantron.

Buah dari tanaman senna yang termasuk ke dalam jenis polongan yang memiliki kandungan senyawa aktif glikosa, serta glikosidanya memiliki 10 macam kandungan gugus gula yang melekat pada inti molekul rein-diantron.

Khasiat dan Kandungan Daun Senna

Herbal daun senna banyak dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai olahan jamu yang berkhasiat untuk mengatasi sembelit (susah buang air besar). Sehingga memperlancar pembuangan kotoran (proses sekresi feses) secara alami dan akan sangat menunjang Anda yang sedang melakukan diet tubuh agar tubuh menjadi ideal.

Daun senna sendiri mengandung senyawa kimia yang disebut dengan sennosides yang mampu bekerja mendorong kinerja usus hingga menyebabkan efek pencahar.

Penggunaan daun senna sebagai herbal, ternyata telah disetujui Badan Obat dan Pangan di Amerika Serikat (FDA).  Selain digunakan sebagai efek pencahar, daun senna juga dapat digunakan untuk membersihkan usus sebelum dilakukan tes diagnosis usus seperti kolonoskopi.

Adapun manfaat dari daun senna ialah untuk membantu:

  • Melancarkan BAB
  • Menjaga kesehatan lambung
  • Meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh
  • Mengusir racun di dalam sistem pencernaan
  • Mencegah wasir/ambeien yang sudah kronis
  • Membantu mengobati sembelit
  • Membasmi cacingan pada anak
  • Menjaga kesehatan usus
  • Mengobati luka/radang lambung
  • Mencegah diare
  • Membantu melancarkan proses diet
  • Mengubah racun menjadi netral di dalam tubuh.
  • Namun ada hal yang mesti Anda ingat, sebelum Anda mengonsumsi daun senna. Karena “National Institute of Diabet and Digestive and Kidney Disease mengemukakan bahwa mengonsumsi daun senna dalam jangka waktu yang panjang maka akan menyebabkan kerusahakan pada organ hati”.

Semoga bermanfaat dan terimakaih !

Sumber : www.madco-sa.org