Khasiat Nanas untuk Benjolan di Payudara

Khasiat Nanas untuk Benjolan di Payudara

Khasiat Nanas untuk Benjolan di Payudara

Nanas adalah buah tropis yang nikmat dan telah digemari selama berabad-abad, bukan hanya karena rasanya yang unik tetapi juga karena manfaat kesehatan yang dimilikinya. Ananas cosmotum adalah nama botani dari buah yang sering kita sebut sebagai nanas. Berasal d ari Amerika Selatan, dan dinamai karena kemiripannya dengan pinus keruscut. Christopher Columbus dikrediktkan dengan penemuan nanas di pulau Guadeloupe pada tahun 1493, meskipun buahnya telah tumbuh di Amerika Selatan.

Sejarah Penyebaran Buah Nanas

Ia menyebut buah ini dengan “pina de Indes” yang berarti pinus dari indian. Indian Gurani Amerika selatan menyebutnya dengan “buah luar biasa” dan mereka mulai membudidayakannya untuk dikonsumsi. Bentuk dari nanas tidak muncul dalam salinan Inggis sampai akhirnya muncul pada tahun 1664.

Buah nanas telah menyebar ke Karibia, Amerika Tengah dan Meksiko dimana buah ini dibudidayakan oleh Aztec dan Maya. Columbus mengenalkan buah nanas ke orang spanyol yang membawanya ke Filipina dan kemudian ke Hawaii. Perjalanan buah nanas lainnya adalah ke Magellan dikreditkan dengan penemuan buah ini di Brasil pada tahun 1519 dan pada 1555, buah lezat tersebut diekspor ke Inggris. Tak lama setelah itu, buah nanas kemudian menyebar ke India, Asia dan Hindia Barat.

Saat ini, Hawaii hanya memproduksi 10% tanaman nanas di dunia. Negara lainnya yang berkontribusi pada industri buah nanas termasuk Meksiko, Honduras, Republik Dominika, Filipina, Thailand, Kosta Rika, Cina dan Asia. Nanas adalah buah ke tiga yang paling banyak dikalengkan setelah saus apel dan buah persik.

Macam-macam Buah Nanas dari Seluruh Dunia

  • Smooth Cayenne
  • Abacaxi
  • Queeen
  • Red spanish

Kandungan Nutrisi dalam Buah Nanas

Nanas adalah salah satu sumber makanan sehat karena kandungan nutrisinya. Buah ini mengandung bromelain, protein, karbohidrat, gula, serat larut dan serat tak larut.

Vitamin dalam buah ini termasuk vitamin A, vitamin C, beta-karoten, thiamin, vitamin B5 (pantothenic acid), vitamin B6 dan folat. Informasi kandungan buah nanas tersebut berdasar pada USDA National Nutrient Database.

Mineral seperti kalium, tembaga, mangan, kalsium, sodium dan magnesium juga ditemukan dalam buah nanas.Buah tropis ini rendah kalori sehingga dapat memberi pengaruh besar dalam menurunkan berat badan.

Manfaat buah Nanas untuk Benjolan di Payudara

Buah nanas telah dikaitkan secara langsung pada pencegahan sejumlah kanker termasuk kanker payudara. Gangguan kesehatan ini ditandai dengan ditemukannya benjolan di sekitar payudara. Meskipun tidak semua benjolan merupakan kanker, namun keberadaannya tidak boleh dianggap sepele.

Dengan buah nanas yang mengandung vitamin A, betakaroten, bromelain, flavonoids dan mangan dipercaya dapat membantu mengatasi benjolan di payudara. Kandungan mangan dalam buah nanas adalah kofaktor penting dari dismutase superoxide yang memiliki potensi pencegahan berbagai jenis kanker yang sangat kuat.

Vitamin C yang tinggi juga bersifat anti-peradangan sehingga benjolan di payudara dapat diatasi dengan lebih cepat. Sejumlah kandungan dalam buah nanas juga mampu menghambat perkembangan sel  kanker.

Jadi untuk Anda yang memiliki keluhan penyakit serupa, mengonsumsi buah nanas tidaklah salah. Konsumsi yang tepat dan tidak berlebihan dapat membantu proses penyembuhan berjalan maksimal.