Kandungan dan Manfaat Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

SIRSAK

Kandungan dan Manfaat Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh-, Tanaman Sirsak yang memiliki nama latin Annoca Muricata yang tumbuh dan menghasilkan banyak manfaat bagi kesehatan ini lahir di Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Banyak nama lain untuk sebutan buah sirsak sesuai bahasa daerah masing-masing.

Daging yang dihasilkan dari buah sisrak yang telah matang berwarna putih dan terdapat biji hitam yang sedikit. Bagian tanaman sirsak yang sering digunakan untuk pengobatan ialah bagian daun nya, karena didalamnya menyimpan banyak manfaat yang bagus bagi kesehatan.

Kandungan dan Manfaat Sirsak Bagi Tubuh 

Manfaat dari semua bagian tanaman sirsak sangatlah berguna bagi kehidupan manusia. Karena di dalamnya mengandung berbagai kandungan yang disimpan di dalamnya sehingga dapat memainkan peran sebagai alat untuk penunjang kesehatan pada tubuh seperti: vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, juga karbohidrat.

Baca Juga : 10 Manfaat Tanaman Gendola Bagi Kesehatan Tubuh

Didalam buah sirsak juga dapat menyimpan serat pangan di dalam tubuh yang merupakan substansi non-gizi, yang kadar seratnya bisa mencapai 3,3 gram buah daging. Beberapa mineral lain pun seperti: kalsium (14mg) dan fosfor (27mg) yang juga terkandung di dalam 100 gram buah sirsak.

Dari beberapa khasiat yang terdapat dalam buah sirsak yang jarang sekali orang ketahui ialah pada bagian biji buah yang menyimpan racun, yang sering difungsikan oleh petani-petani sebagai inteksida yang alami, seperti layaknya biji pada buah srikaya.

Berikut ada beberapa manfaat dari tanaman sirsak untuk kesehatan, antara lain sebagai berikut:

  1. Dapat membantu meningkatkan kekebalan dalam tubuh

Karena didalam tanaman sirsak terdapat kandungan senyawa seperti mulai dari acetogins hingga senyawa muricapentocin yang dapat membantu meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh dari serangan bahaya penyakit, juga bisa digunakan untuk obat penyakit.

Cara penggunaannya: Merebus daun sirsak kurang lebih sebanyak 4-5 lembar dengan tambahan air 4 gelas, tunggu hingga mendidih dan tersisa hanya 1 gelas saja, minum secara rutin sebanyak 1 kali dalam sehari.

  1. Dapat membantu mengobati sakit kanker

Karena didalam tanaman sirsak terdapat sejumlah riset vitamin C yang dapat membantu melawan penyakit kanker dengan cara menghambat sel-sel yang ada di dalamnya.

Cara penggunannya: Merebus daun sirsak yang sudah tua kurang lebih sebanyak 10 lembar, dengan tambahan air 3 gelas, tunggu hingga air rebusan menjadi 1 gelas, dan minum sebanyak 2 kali dalam sehari selama kurang lebih 2 minggu atau sampai penyakit kanker nya hilang.

  1. Dapat membantu mengobati penyakit asam urat

Karena didalam tanaman sirsak mengandung kandungan senyawa acetogenins, annocatalin, annohexocin, annocatacin, annomuricin, anonacin, anonol, anomurine, gigantretonim, gentisic acid, linoleic acid, dan muricapentocin yang berfungsi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada saat terkena asam urat.

Cara penggunannya: Potong daun sirsak yang sudah cukup tua namun masih memiliki warna hijau, kemudian rebus dengan tambahan air 2 gelas, tunggu hingga mendidih dan tersisa 1 gelas aja, minum ramuan tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari pada waktu pagi, dan malam hari.

  1. Dapat membantu mengobati sakit pinggang

Karena didalam tanaman sirsak terdapat suatu zat yang dinamakan annonaceus yang mempunyai sifat antioksidan.

Cara penggunaannya: Merebus daun sirsak kurang lebih sebanyak 20 lembar dengan air 5 gelas, tungu hinga mendidih dan tersisa 3 gelas saja, minum ¾ gelas dari ramuan tersebut sebanyak 1 kali dalam sehari.

  1. Dapat membantu mengobati penyakit ekstrim dan rematik

Karena didalam tanaman sirsak terdapat kandungan, dan senyawa-senyawa yang bagus untuk mengobati penyakit ekstrim dan rematik.

Cara penggunaanya: Menumbuk daun sirsak secukupnya, setelah itu tempelkan pada bagian tubuh yang terkena ekstrim, nyeri atau rematik, dan gunakan secara rutin dan teratur sebanyak 2 kali dalam sehari.

  1. Dapat membantu mengobati penyakit diabetes

Karena didalam tanaman sirsak terdapat flavonoid yang befungsi sebagaianti diabetes.

Cara penggunaannya:  Merebus daun sirsak kurang lebih sebanyak 10-15 lemba dengan tambahan air 3 gelas, tunggu hingga mendidih dan tersisa 1 gelas saja, kemudian minum ramuan tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari.

Itulah beberapa manfaat dari tanaman sisrak bagi kesehatan, masih banyak manfaat-manfaat lainnya yang bisa kita pelajari. Sekian, semoga bermanfaat.

Sumber : www.madco-sa.org