Tanaman Enau Berkhasiat Menjaga Kesehatan

Enau

Tanaman Enau Berkhasiat Menjaga Kesehatan-, Enau atau yang lebih kita kenal dengan aren merupakan palma yang tak kalah penting setelah nyiur (kelapa). Karena tanaman ini juga termasuk ke dalam tanaman yang serbaguna layaknya nyiur.

Tanaman ini masih memiliki kekerabatan yang sangat dekat dengan nyiur sehingga keduanya termasuk ke dalam satu golongan family yang sama yaitu Arecaceae. Tanaman enau sendiri memiliki nama ilmiah Arenga Pinnata.

Baca Juga : Manfaat Chitosan untuk Maag

Karena tanaman ini telah mulai langka maka tanaman ini termasuk kedalam tanaman yang dilindungi oleh undang-undang. Enau memiliki pertumbuhan yang subur dan juga tegak yang memiliki ketinggian sekitar 25 m dan diameter sekitar 65 cm.

Daunnya bersifat majemuk, memiliki tulang menyirip yang berkumpul dan tersusun dalam 1 tandan panjang. Daun dari pohon enau memiliki panjang sekitar 5 m dengan tangkai kurang lebih 1.5 meter serta berwarna hijau tua.

Untuk bunganya sendiri memang memiliki rumah satu, namun memiliki bonggol dengan jenis kelamin bunga yang terpisah antara bunga jantan dan juga bunga betina.

Bunga tersebut bersifat majemuk dengan tersusun rapi pada tandan-tandan panjang yang menjuntai ke bawah. Buahnya termasuk ke dalam buah buni yang berbentuk bulat peluru berdiameter 4 cm, memiliki 3 ruang dan juga 3 biji didalamnya.

Buah tersebut tersusun di dalam tandan-tandan yang menjuntai kebawah layaknya bunga dari pohon enau tersebut. Buah tersebut memiliki warna hijau pekat sampai warna kuning kecoklatan.

Bijinya berwarna putih dengan bentuk pipih menggelembung dan tekstur yang lembut namun agak sedikit keras. Biji tersebut biasa di panggil dengan kolang kaling. Kolang-kaling sendiri biasa digunakan untuk bahan membuat kolak, bahan untuk membuat es campur, dibuat manisan, serta aneka minuman penyegar.

Sedangkan bunga dari pohon ini kerap kali dimanfaatkan untuk disadap airnya yang di fermentasikan menjadi ganduan-ganduan gula yang dinamakan dengan gula aren. Ya pohon enau merupakan penghasil utama dari gula aren.

Selain penghasil utama dari gula aren dan kolang kaling, pohon enau juga merupakan penghasil sagu walaupun dengan kualitas yang kalah oleh sagu rumbia. Khasiat pohon enau untuk kesehatan juga terfokus pada gula aren yang dihasilkan dari penyadapan bunga enau dan juga biji yang dihasilkan dari buah enau tersebut.

Manfaat Gula Aren dan Buah Enau (Kolang-Kaling)

Gula aren sendiri memiliki manfaat untuk membantu :

  • Menekan kadar lemak jenuh (kolesterol) di dalam tubuh
  • Mengontrol kadar gula darah didalam tubuh
  • Mencegah anemia
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Menghalau radikal bebas karena kandungan antioksidannya yang cukup tinggi
  • Meningkatkan energi didalam tubuh.

Adapun manfaat dari biji enau (kolang kaling) ialah untuk membantu :

  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Baik untuk yang sedang menjalani diet (menurunkan berat badan)
  • Membantu menjaga kesehatan tulang
  • Memiliki kandungan yang setara dengan susu sebagai pemenuhan kalsium di dalam tubuh
  • Meredakan gatal-gatal.

Demikianlah penjelasan dari pohon enau yang memiliki khasiat yang tak kalah dengan pohon seribu guna (pohon kelapa). Terimakasih !

Sumber : www.madco-sa.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *