Tanaman Bakung Untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman Bakung Untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman Bakung Untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman bakung merupakan sebuah tanaman yang memiliki nama ilmiah Crynum asiaticum L yang termasuk ke dalam salah satu jenis familia Liliaceae. Di dalam bahasa inggris tanamn ini memiliki nama lily. Tanaman bakung ini masih memiliki kekerabatan dengan bunga tulip karena sama-sama termasuk ke dalam suku liliaceae. Karena ada hampir 110 suku dari jenis keluarga bakung tersebut.

Bakung merupakan tanaman yang mudah beradaptasi dengan habitat pegunungan, habitat hutan dan juga habitat rerumputan serta adapula sebagian yang mampu hidup di rawa-rawa. Dan pada umumnya tanaman bakung ini dapat menyesuaikan diri dengan tanah yang memiliki kadar asam tanah (ph) yang seimbang. Terna tahunan ini memiliki ketinggian yang mencapai 60-180 cm.

Meskipun termasuk ke dalam tanaman terna, bakung biasanya memiliki batang yang cukup kokoh. Bakung sendiri memiliki akar yang dengan bentuk seperti umbi polos layaknya tanaman rimpang. Pada sebagian kecil wilayah di Amerika bagian Utara akar yang membentuk umbi tersebut serikali berkembang menjadi rizoma. Bunga bakung dengan ukuran yang besar, pada umumnya memiliki 3 daun bunga yang memiliki aroma harum.

Bunga bakung sendiri memiliki varian warna yang cukup beragam dari warna putih, merah, merah muda, jingga, ungu, abu keemasan serta adapula bunga bakung yang memiliki warna kehitaman (bukan hitam pekat). Pada sebagian besar jenis bunga bakung, juga terdapat corak yang meliputi mahkota bunganya sehingga menambah keindahan dari bunga bakung tersebut.

Helaian daunnya memiliki ukuran yang tebal, berbentuk langset yang meruncing pada bagian ujungnya. Sejumlah senyawa penting juga terdapat pada bunga dari tanaman ini, seperti saponin, tanin dan flavonoid. Sedangkan pada akar dan juga bijinya memiliki kandungan seperti  alkaloid likorin, asetilkorin serta senyawa krinin. Efek farmakologis dari tanaman bakung sendiri ialah diuretik, analgesik, ekspektoran serta anti-inflamasi.

Karena sejumlah kandungan yang baik di dalam tanaman bakung ini, maka tanaman  bakung memiliki manfaat untuk membantu mengatasi penyakit seperti :

  1. Meredakan sakit gigi dan sakit pinggang
  2. Mempercepat penyembuhan borok dan juga bisulan
  3. Mengobati penyakit anyang-anyangan
  4. Meredakan sakit reumatik
  5. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh
  6. Mengurangi pembengkakan pada kelenjar limfase
  7. Mengobati penyakit frambusia, serta
  8. Mengurangi pembengkakan dan luka memar.

Demikianlah sekilas penjelasan dari morfologi tanaman bakung dan juga manfaat yang dihasilkan dari tanaman tersebut. Syukron wa namal mufida ikhwati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *