Jambu Monyet Untuk Mengatasi Penyakit

Jambu Monyet Untuk Mengatasi Penyakit

Jambu monyet adalah sejenis tanaman buah penghasil kacang mede, dari itu jambu ini juga kerap di panggil dngan nama jambu mede. Tanaman ini sendiri berasal dari Brazil yang memiliki nama ilmiah Anacardium Occidentale yang termasuk ke dalam suku Anarcadiace. Ternyata meskipun memiliki nama jambu dan merupakan penghasil kacang mede tanaman ini bukan termasuk ke dalam anggota jambu-jambuan ataupun kacang-kacangan melainkan masuk ke dalam anggota mangga.

Pohon penghasil jambu monyet ini memiliki nukuran yang sedang, yaitu bisa sekitar 12 meter, dengan percabangan yang melebar dan dengan daun yang selalu hijau. Tajuknya sendiri bisa menyempit ataupun melebar, itu akan bergantung pada kondisi lingkungan sekitarnya. Helai daun bertangkai pendek, terletak pada ujung ranting berbentuk bundar terbalik karena memiliki ujung yang bundar dan pangkal yang runcing.

Berumah satu (monoesis), dengan bunga berkelamin campuran, ysng terkumpul pada tandan rata berambut halus. Kelopak bunganya runcing memiliki rambut-rambut halus dengan PxL 4×5 mm, berwarna putih kemudian memerah. Buahnya membentuk bulat telur terbalik dengan biji mede yang menempel pada ujung buah yang menjuntai ke bawah berwarna cokelat gelap. Memiliki warna kuning kehijauan saat mentah dan akan berubah memerah ketika jambu tengah matang.

Jambu Monyet Untuk Mengatasi Penyakit

Sebenarnya pemanfaatan dari penanaman jambu monyet ini adalah untuk diambil biji dari buahnya yaitu kacang mede. Karena kacang mede merupakan kacang yang sering digunkan sebagai campuran cokelat dan memiliki rasa yang enak dan juga harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan harga kacang lainnya. Kacang mede merupakan biji tunggal dari buah utamanya. Biji tersebut dikelilingi oleh double cangkang yang memiliki kandungan getah urushiol yang dapat mengakibatkan iritasi pada kulit manusia.

Untuk seseorang yang alergi terhadap kacang-kacangan ada baiknya tidak mengonsumsi biji mede karena biji mede memiliki kandungan alergen yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kacang lainnya. Meskipun sejatinya biji mede tidak termasuk ke dalam jenis kacang-kacangan. Biji mede juga dapat diektrak menjadi minyak yang memiliki high quality. Kulit dari bijinya sendiri dapat dimnfaatkan untuk pakan ternak.

Atau bisa juga dilakukan penyulingan pada biji tersebut untuk diambil minyaknya. Yang akan berfungsi untuk pengawet kayu yang akan dijadikan sebagai bahan kerajinan. Adapun rasa dari buah utama dari pohon jambu monyet ini ialah memiliki rasa yang asam nan segar namun juga memiliki kandungan rasa sepat. Daun muda nya sering dijadikan sebagai lalapan dan juga daun yang tua sering digunakan untuk mengatasi penyakit ruam pada kulit.

Dan yang terpenting semua bagian dari pohon jambu monyet ini bisa digunakan untuk ramuan obat herbal tradisional terutama untuk mengatasi berbagai macam penyakit kulit. Adapun manfaat lain dari jambu monyet ini adalah :

  1. Menurunkan kolesterol
  2. Menurunkan resiko terkena kanker
  3. Mengobati radang tenggorokan
  4. Mengobati sembelit
  5. Menjaga kesehatan jantung
  6. Mengontrol tekanan darah
  7. Menjaga kesehatan mata
  8. Mengobati penyakit asma
  9. Mencegah anemia
  10. Menurunkan berat badan
  11. Meredakan penyakit diare
  12. Mengobati kencing manis, serta
  13. Meningkatkan antibodi di dalam tubuh.

Demikianlah manfaat dari jambu monyet yang kita butuhkan. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *