Atasi Penyakit Dengan Tanaman Herbal Jayanti

Atasi Penyakit Dengan Tanaman Herbal Jayanti

Jayanti merupakan sebuah tanaman perdu yg memiliki ukuran yang kecil. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Sesbania Sesban Merr yang termasuk ke dalam familia Fabaceae. Di Nusantara sendiri tanaman ini banyak ditemukan disekitar perkebunan dan persawahan tanah Jawa. Di pulau Jawa, tanaman jayanti memiliki nama tersendiri yaitu giyanti, janti dan atau kelor warna.

Perdu jayanti memiliki ketinggian sekitar 2-6 m. Helaian daunnya memiliki sifat majemuk, berkumpul pada satu tangkai panjang dengan rata-rata memiliki jumlah 25 pasang anak daun pada setiap tangkainya. Daunnya juga memiliki bentuk oval dengan tulang yang menyirip dan berwarna hijau. Bunga dari jayanti juga memiliki sifat yang majemuk.

Berkumpul pada tiap-tiap tandan dan keluar dari ketiak daun yang memiliki warna kuning. Buahnya membentuk polongan serta menjuntai ke bawah. Tanaman jayanti juga dapat tumbuh subur walaupun hidup pada tanah yang jelek. Karena tanaman ini tidak begitu memerlukan perawatan yang signifikan. Tanaman ini juga dapat ditemukan di daratan rendah hingga ketinggian yang mencapai 800 mdpl.

Perdu ini, di kembangbiakan melalui persebaran bijinya. Dalam pemanfaatannya, hampir semua bagian dari tanaman jayanti memiliki memiliki khasiat untuk pengobatan herbal ataupun untuk bahan pangan. Bagian yang dapat dimanfaatkan untuk bahan obat herbal sendiri, meliputi : akar, kulit, daun, biji dan juga minyak yang dihasilkan dari tanaman ini.

Atasi Penyakit Dengan Tanaman Herbal Jayanti

Adapun khasiat yang dapat dihasilkan dari bagian-bagian tanaman herbal jayanti ialah sebagai berikut :

  • Daunnya dapat mengatasi : infeksi ginjal, peradangan pada mata yang disebabkan oleh infeksi, TBC, cacingan, serta menurunkan demam.
  • Akarnya membantu mengatasi : gonorhea (kencing nanah).
  • Batangnya dapat membantu mengobati infeksi pada saluran kecing dan melancarkan fungsi saluran kencing tersebut.
  • Bijinya dapat digunakan untuk membantu : meredakan sakit kepala, meredakan batuk dan juga mengatasi haid yang tidak teratur pada wanita.
  • Adapun manfaat dari minyak jayanti dapat mempercepat penyembuhan borokan dan bisulan, kurap, kudis, serta panu.

Itulah penjelasan dari tanaman jayanti dan manfaat dari bagian-bagian tanaman tersebut. Terimakasih dan semoga bermanfaat J

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *